Jumat, 11 September 2015

Bupati Selamatkan 50 Ha Sawah Kekeringan

Posted by Unknown | 01.23 Categories:

Bantu 15 Unit Pompa Air, Antisipasi Gagal Panen


Bone Bolango - Perhatian Bupati Hamim Pou terhadap sektor pertanian di Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) memang cukup besar. Terlebih musim kemarau panjang yang melanda seluruh wilayah di Provinsi Gorontalo saat ini tentunya berdampak besar terhadap hasil produktivitas pertanian.

Sebagai bukti perhatiannya tersebut, Bupati Hamim Pou turun langsung kesawah yang mengalami kekeringan. Diantaranya di areal persawahan yang ada di Desa Bulontalangi Barat dan Desa Iloheluma. Kegiatan seperti ini bukan baru kali itu saja, Hamim memang dikenal dengan tipikal pemimpin yang tak sungkan-sungkan turun langsung ke areal persawahan meskipun harus bermandi lumpur. Didampingi Kabid Pertanian dan Kabag Humas dan Kominfo, Bupati Hamim meninjau kondisi lahan sawah warga yang sudah mengalami kekeringan. Bahkan, Hamim terus mengingatkan Dinas Pertanian untuk tidak membiarkan petani dilanda kekeringan. Harus ada inisiatif yang dapat membantu para petani agar tidak gagal panen.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Venny Monoarfa menguraikan kondisi persawahan warga saat ini. Luas lahan sawah Bonbol 2.190 Ha, yang mengalami kekeringan sekarang yakni 50Ha, namun atas perintah Bupati Hamim Pou pihaknya sudah memberikan bantuan sebanyak 15 unit mesin pompa air sehingga tanaman telah pulih dan selamat dari ancaman gagal panen. Disamping itu, banyak bantuan yang sudah diberikan diantaranya adalah pompa air baik yang sifatnya pinjaman maupun yang langsung kepada kelompok tani. Tidak hanya itu, progam pembuatan irigasi air tanah untuk lahan-lahan yang potensi kekeringan.

Bahkan, secara intens dilakukan koordinasi dengan pihak Balai Sungai dalam hal pengaturan air disaat pengerjaan irigasi alale maupun lomaya. Dari bantuan dan perhatian Pemkab tersebut areal persawahan di Bonbol relatif aman dari ancaman kekeringan. "Ini tentu menjadi kabar gembira karena berbeda dengan Daerah lain yang kini warganya sudah mengalami gagal panen secara total," Tandas Venny.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube