Kamis, 09 Februari 2017

Bupati Hamim Seriusi Pengolahan Lahan Tidur

Posted by Unknown | 19.27 Categories:

Bone Bolango - Bupati Kabupaten Bone Bolango Hamim Pou fokus mengelola lahan tidur di Bone Bolango. Bupati Hamim menegaskan bahwa dirinya akan menseriusi pengolahan lahan tidur untuk kembali produktif, dalam rangka mengurangi jumlah keluarga miskin di kabupaten Bone Bolango.
Hal ini disampaikan Bupati saat membuka Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan lomba asah terampil tingkat Kabupaten Bone Bolango di Aula BP4K, Senin (24/10) kemarin.
Pada kesempatan tersebut Bupati Hamim Pou mengatakan, banyak para petani yang mengeluh akibat kekurangan modal dalam mengelolah lahan tidur. Untuk itu Pemda akan segera memprogramkan solusinya, sehingga bisa di realisasikan pada tahun 2017.
Hamim menyampaikan akan mengucurkan anggaran pada 200 hektar lahan tidur untuk kembali bisa di manfaatkan. “Bone Bolango punya dua sumber air yang bisa mendukung program itu. ada sungai Bone dan sungai Bolango,” ungkapnya.
Namun intervensi Pemda pada lahan tidur, bukan dalam bentuk tunai. Akan tetapi pemberian alat-alat pertanian, benih yang siap di tanam serta pupuk sebagai pemeliharaan.  “Nanti lahan-lahan itu akan di tinjau oleh badan penyuluh dan dinas petanian.” Ucap Hamim kepada masyarakat petani yang hadir pada kegiatan itu.
Hamim menerangkan, alasan Pemda menjadikan lahan tidur bisa produktif, karena mampu meningkatkan pendapatan masyarakat petani. Dengan begitu, angka kemiskinan bisa menurun dengan hadirnya daya beli dari masyarakat.
Tambah Hamim, ia menginginkan di periode ke dua kepemimpinannya agar produk pertanian yang dihasilkan bisa maksimal.  “Terkadang di dinas pertanian kurang berjalan dengan baik programnya. Itu harus saya akui. Enam tahun saya pimpin Bone Bolango, harus di pertajam urusan-urusan petani. Karena 70 persen masyarak Bone Bolango adalah petani,” ujarnya. (hms)

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube